Fermantasi Sisa Makanan Dan Sayuran Untuk Pakan Unggas Dan Ikan


Berbagi ilmu dari teman...


Memanfaatkan limbah makanan & sayuran untuk pakan unggas,ikan dengan cara fermentasi.
Caranya : sediakan ember plastik,ukurannya bisa disesuaikan dengan berapa banyaknya limbah yang akan dibuat,untuk tahap belajar bisa gunakan ember yang kecil dulu.

Langkah pertama :


Siapkan ember plastik,diisi degan air bekas cucian beras jika sudah terkumpul 1/4 ember lalu masukkan semua limbah makanan spt nasi,sayur/semua makanan lain yang sudah tidak terpakai,kumpulin sampai 2-4 hari biarkan bercampur dengan air cucian beras,kita juga bisa menambahkan air cucian beras ke dalam ember.

Jika sudah terkumpul lumayan banyak langkah selanjutnya adalah meniriskan sisa makanan dari rendaman air cucian beras.
Jangan dibuang airya karena nanti bisa dimanfaatkan lagi untuk membuat pupuk cair untuk tanaman.
Setelah sisa makanan selesai ditiriskan letakkan diatas alas.
Bisa plastik /sejenisnya asal dapat digunakan sebagai alas.Untuk makanan yg masih terlihat besar spt daging,kue,mie bisa dipotong dulu agar menjadi sama degan nasi lalu campur degan bekatul aduk rata & buat agak kering.

Dapat jg dicampur ampas tahu setelah bercampur rata masukkan ke dalam kantong plastik lalu ikat rapat agar udara tidak bisa masuk dan biarkan selama 24 jam.Proses fermentasi yang berhasil adalah makanan akan berbau asam tidak berbau busuk.Setelah itu bisa digunakan untuk memberi makan unggas,seperti ayam,bebek & ikan Pakan ini bisa tahan lama.

Bisa disiapkan lagi seperti langkah awal.
Dengan memberi makan makanan seperti ini ayam akan sehat tahan terhadap perubahan cuaca & tidak mudah sakit,pertumbuhan cepat besar,kotoran juga tidak berbau.

Selamat mencoba & bisa memanfaatkan limbah dari sisa makanan menjadi makanan super buat unggas.


@excel_dee





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bunga Rondo Semoyo

Perempuan Indonesia Harus Tangguh Dan Mandiri