Mengenal Sumber Energi Baru Biogas




Biogas merupakan salah satu jenis energi yang terbilang baru, dan masih dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan energi dunia, termasuk salah satunya adalah Indonesia.

Bogas sendiri dikalim memeiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan jenis energi lain yang membentuk gas, seperti LNG, LPG, dan CNG. Wajar saja biogas masih ada di telinga masyarakat Indonesia, karena lebih banyak masyarakat Indonesia belum ‘peka’ terhadap energi alternatif selain bahan bakar minyak.

Biogas sendiri merupakan jenis bahan bakar gas yang dihasilkan dari sampah dan limbah yang merupakan sifat organik, sehingga dapat meningkatkan proses anaerob yang kemudian dapat menjadi bentuk gas yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi.

Limbah dan sampah yang diolah dan diproses pada dasarnya merupakan jenis limbah yang dapat diurai alias mudah terurai dengan mudah, seperti kotoran hewan dan manusia, sampah daun dan kulit buah-buahan, serta jenis sampah atau limbah cair yang bdibang oleh pabrik – pabrik industri khusus.

Biogas diklaim merupakan salah satu energi alternatif yang modern dan bersih, karena tidak menggunakan bahan bakar fosil yang konvensional seperti bahan bakar minyak atau gas alam, dan juga diklaim ramah lingkungan.

Maka dari itu, biogas saat ini sudah mulai dikembangkan dan digunakan sebagai salah satu energi alternatif disamping energi yang dihasilkan dari energi matahari atau sel surya.

APA SAJA MANFAAT BIOGAS?
Meski terbilang baru dibandingkan dengan bahan bakar fosil pada umumnya, namun biogas memiliki manfaat yang sangat besar, terutama dari segi pemenuhan kebutuhan energi dunia, baik itu rumah tangga yang sesuai dengan kebutuhan industri yang berskala besar sebagai pabrik. Berikut ini adalah beberapa Manfaat biogas.

BAHAN BAKAR KENDARAAN
Saat ini memang penggunakan energi fosil dan bahan bakar minyak untuk kendaraan sudah mulai dibahas, yaitu dengan cara memperbolehkan bahan bakar menjadi bahan bakar yang berbasis gas, seperti CNG atau bahan bakar listrik. Namun demikian selain bahan bakar tersebut, biogas juga merupakan salah satu energi yang sangat baik untuk menjadi bahan bakar dari kendaraan.

MENGAPA BAIK
Berikut ini adalah beberapa alasan, Artikel biogas baik untuk bahan bakar kendaraan:

Pembakaran yang ramah Lingkungan dan tidak akan menambah jumlah karbon di udara, sehingga aman untuk atmosfer
Lebih murah untuk biaya operasional
Tidak mempengaruhi kinerja dan kinerja dari kendaraan itu sendiri
Pengganti kayu bakar
Apakah sulit memperbaiki Anda dan ingin memasak, Anda harus menyiapkan kayu bakar terlebih dahulu, lalu membuat api, dan kemudian membuat Anda – kayu agar api yang menghasilkan kayu tetap dan tidak besar? Dengan menggunakan biogas, maka hal ini tidak akan terjadi, Anda dapat memasak dengan mudah dan tanpa perlu repot menggunakan dan mencari kayu bakar.

PENGGANTI GAS LPG
Anda menggunakan LPG di rumah Anda? Apakah Anda menikmati harga LPG yang terus merangkak naik dan semakin sulit? Salah satu energi yang dapat dimainkan peran LPG adalah biogas. Biogas yang dibuat dengan baik dan pengotornya, karena pada dasarnya biogas memang dari limbah, akan sangat dapat diandalkan sebagai gas LPG yang semakin hari semakin bertambah memberatkan daya beli masyarakat. Tentu saja biogas memiliki biaya yang jauh lebih murah dari pada penggunaan LPG. Hal ini akan berdampak pada tertekannya harga produksi dari indutri rumah tangga, seperti:

Usaha katering dan rumah makan
Pengeluaran energi untuk memasak yang lebih irit
Pengalihan dana LPG untuk keperluan rumah tangga lainnya.
Menghasilkan pupuk organik
Dari segi Lingkungan, pembuatan biogas yang berasal dari limbah dan sampah yang dapat terurai akan menghasilkan pupuk organik yang merupakan hasil dari pengolahan biogas itu sendiri.

Pupuk organik mengandung banyak kelebihan, karena tidak mengandung bahan kimia, yang berbahaya akan bergantung pada hasil produksi pertanian yang dibutuhkan. Selain itu, hasil pertanian yang menggunakan pupuk organik:

Memiliki rasa dan penampilan yang lebih baik dan segar
Memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik
Tidak meninggalkan residu kimiawi yang dapat membahayakan tubuh.
Memanfaatkan sampah Lingkungan
Anda pasti tahu berapa banyak sampah yang dihasilkan setiap kunjungan. Jangan sampah dari pabrik dan limbah, bahkan rumah tangga saja sudah sangat menumpuk. Proses daur ulang pun tidak cukup membantu, karena tidak semua sampah dapat didaur ulang dengan mudah.

Disinilah Manfaat lain dari pengolahan biogas energi. Biogas dapat menggunakan jenis limbah apa pun, asalkan itu merupakan jenis limbah yang dapat terurai. Hal ini akan membuat timbunan sampah rumah tangga dan industri sampah menjadi berkurang drastis. Efeknya?

Lingkungan menjadi lebih bersih, bebas dari sampah
Menjauhkan diri dari jenis penyakit
Mengurangi Lingkungan kumuh yang ada di sekitar penampungan sampah
Rasa nyaman dan aman karena limbah dan sampah yang dapat dihitung
Menghilangkan bau tidak sedap yang dihasilkan penumpukan sampah.
MENINGKATKAN KUALITAS UDARA
Bukan rahasia umum yang membuktikan kualitas udara saat ini. Sementara metode penerapan uji emisi 4 euro masih belum dapat mendukung kualitas buruknya udara. Dengan menggunakan energi dari biogas, maka komposisi karbon dan sesegera mungkin dapat merusak kualitas udara, sehingga akan sangat mempengaruhi kualitas udara yang kita gunakan sehari-hari.

PEMBANGKIT LISTRIK
Saat ini pemasok listrik tunggal, yaitu PLN masih menggunakan bahan bakar jenis solar untuk memasok sebagian besar pelanggannya di seluruh Indonesia. Padahal, biogas bisa menjadi salah satu bahan bakar alternatif yang bisa menghasilkan listrik. Kira – kira-kira 1 meter kubik biogas dapat menghasilkan 6000 watt listrik per jam-nya.

MENYEIMBANGKAN KANDUNGAN ALAM DI BUMI KITA
Bahan bakar yang sekarang masih digunakan merupakan bahan bakar fosil dan bahan bakar yang berasal dari cadangan energi di perut bumi. Cadangan, itu artinya energi ini akan habis pada suatu waktu. Maka dari itu, untuk mencegah kehabisan cadangan energi, biogas merupakan salah satu solisi terbaik, karena biogas merupakan jenis bahan bakar yang dapat digunakan, tanpa banyakpun menggunakan bahan bakar yang ada di perut bumi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bunga Rondo Semoyo

Perempuan Indonesia Harus Tangguh Dan Mandiri