Kemiskinan Adalah Persoalan Yang Membelenggu Bangsa



Tatanan peradaban yang jauh dari kemiskinan adalah tujuan esensial dari pemerintahan. Apapun definisinya, kemiskinan itu persoalan yg membelenggu, dan pemerintah mengemban amanah untuk membebaskan rakyatnya dari belenggu tersebut [HMP]

Beliau juga mengatakan, bahwa sejatinya pembangunan haruslah kembali kepada nilai dasar kemanusiaan yang adil dan beradab, dan pembangunan yang berkeadilan sosial. Makna berkeadilan sosial itu bahwa kemajuan suatu negara harus merata dan kesejahteraan harus terdistribusi degan adil.

Republik Indonesia adalah negara besar yang memiliki human capital potensial sangat berpotensi untuk terciptanya tatanan sosial yang sejahtera. Jika masyarakat sadar akan kekuatannya, serta didukung pelaksanaan tatakelola pemerintahan yang baik, maka akan menjadi modal yang kuat untuk mensejahteraan bangsa.

  "Saat ini, kita rasakan bahwa pasar bebas dan kemajuan teknologi tidak kunjung membuka jalan bagi laju pertumbuhan dan perkembangan kesejahteraan masyarakat. Faktanya, pertumbuhan ekonomi hanya di kisaran 4,8 persen," Ujar pak Tommy menambahkan saat bincang sore di kediamannya.

  "Justru yang terjadi malah sebaliknya, arogansi pasar bebas malah menjadikan sebagian besar masyarakat tersisihkan dari kompetisi pasar. Pemerintah sejatinya harus hadir untuk memastikan masyarakat mendapatkan perannya dalam dinamika pasar," ujarnya menekankan.

"Seyogyanya pemerintah harus mampu meneropong jauh ke depan untuk mengantisipasi berbagai hal negatif yg merugikan. Saat ini kita menilai, pemerintah terkesan kurang reaksioner dalam menghadapi masalah ekonomi, sering salah langkah karena tidak antisipatif."   [HMP]





@berkaryainfo 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bunga Rondo Semoyo

Perempuan Indonesia Harus Tangguh Dan Mandiri