Hubungan Simbiosis Mutualisme Yang Menguntungkan



Ternyata Ayam Broiler,Ayam Kampung, Kambing/Domba,Ikan Lele,Maggot BSF,Rumput Azolla & Cacing Tanah bisa membentuk simbiosis mutualisme.Hubungan yg saling menguntungkan. Dimulai dari limbah kotoran ayam broiler, sekam yang disemprot EM4 secara rutin akan memancing indukan BSF untuk bertelur.

Dalam beberapa hari Maggot BSF siap dipanen untuk pakan ayam kampung.Dalam beberapa hari ketersediaan pakan ayam kampung sdh aman.Limbah kotoran ayam broiler sebagian digunakan untuk pupuk rumput / tanaman pakan kambing.Rumput pakan kambing tentunya menjadi subur.

Siapkan beberapa petak kolam.Satu kolam diisi dengan ikan lele,& kolam lainnya diisi dengan rumput azolla.
Ikan lele mendapat pakan dari bangkai ayam broiler/ ayam kampung yang mati & rumput azolla mendapat nutrisi dari kotoran ayam broiler,ayam kampung,kotoran kambing yg sudah difermentasi di kolam.

Setelah rumput azolla siap panen dpt diberikan sbgai pakan ayam kampung,pakan lele,& pakan kambing, sebagian kotoran kambing & ayam bisa digunakan sebagai media budidaya cacing tanah.Biasanya dalam sebulan cacing tanah sudah siap panen.

Bisa jg digunakan utk pakan ayam kampung dan juga ikan lele.Semoga bisa menjadi solusi atas mahalnya harga pakan ternak.

Semoga bermanfaat. 

Andreana Dee









@excel_dee





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bunga Rondo Semoyo

Perempuan Indonesia Harus Tangguh Dan Mandiri